Thursday, December 22, 2011

Bilangan pun Memiliki Pasangan





Kali ini mari kita bermain-main sejenak dengan bilangan. Kita akan memperbincangkan tentang 'pasangan'. 'Pasangan' yang seperti apa? Ok, kita awali dengan beberapa contoh berikut:

siang pasangannya malam
laki-laki pasangannya perempuan
kanan pasangannya kiri
garpu pasangannya sendok
...
(lanjutkan sendiri ya! ^^v)

Di dunia ini semuanya pasti berpasang-pasangan. Kalau boleh menghubungkan sedikit dengan Al-Qur'an, maka akan kita temukan firman Allah swt yang berbunyi:




Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (Q.S. Yasin:36)

Begitu pula yang kita temukan dalam matematika. Mungkin sudah banyak orang yang telah menyadarinya. Tapi, tidak ada salahnya jika kita angkat kembali.

Disadari atau tidak, penjumlahan dua buah bilangan yang jumlahnya sepuluh memiliki pasangannya sendiri. Uniknya, setiap pasang bilangan tersebut memiliki huruf awal yang sama.

1 + 9 = 10   --->   Satu dan Sembilan 
2 + 8 = 10   --->   Dua dan Delapan
3 + 7 = 10   --->   Tiga dan Tujuh
4 + 6 = 10   --->   Empat dan Enam
5 + 5 = 10   --->   Lima dan Lima

Luar biasa! Entah suatu kebetulan atau bukan, namun inilah sebuah keindahan matematika yang mungkin masih sangat sederhana. Hal ini mengingatkan kita kepada ayat Al-Qur'an di atas, bahkan sampai dalam matematika pun ayat tersebut berlaku. Bahwasanya segala sesuatu memiliki pasangannya masing-masing dan ia berasal dari jenisnya sendiri.

Wallahu'alam.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 Precious Life. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.